Pages - Menu

Saturday, March 1, 2014

Menghilangkan lemak di ketiak

Bent-Over Fly efektif untuk menghilangkan lemak ketiak
Bent-Over Fly efektif untuk menghilangkan lemak ketiak
Pernahkah suatu saat kamu becermin lalu melihat gundukan lemak di ketiak? Pernahkah kamu di-tag foto di Facebook terus berpikir, “Ya ampun, apa itu meluber di sekitar payudara dan ketiak?” Terus kamu memeriksa ketiakmu dan baru ngeh kalau ada secubitan “kulit” ekstra di sana. Timbunan lemak itu semakin kelihatan kalau lenganmu menutup.

Itulah lemak ketiak, Cantik! Armpit fat, dalam bahasa sononya. Tonjolan-tonjolan itu bukan termasuk penyakit, tapi tentu saja mengganggu penampilan. Terutama kalau kamu mau mengenakan kebaya yang umumnya transparan atau atasan tanpa lengan.


Lemak ketiak semakin tampak “lucu” di atas tali bra atau gesper. Ini bikin bra-mu seolah-olah kekecilan. Padahal itu cuma masalah lemak yang bergelambir di bagian bawah ketiakmu.

Solusinya? Hilangkan lemaknya! Tidak ada cara menghilangkan lemak yang lebih ampuh dan murah dibanding olahraga. Masalahnya, olahraga yang seperti apa? Simak ya, Cantik...


Menghilangkan lemak ketiak lewat olahraga kardiovaskuler


Mengikis lemak di satu bagian tubuh tidak bisa begitu saja dilakukan. Mengingat setiap bagian tubuh saling berhubungan. Maka untuk menghilangkan lemak di ketiak, kamu perlu juga menghilangkan lemak secara keseluruhan di tubuhmu.

Cobalah berlatih kardiovaskular. Kamu dapat melakukan latihan pembakaran lemak dengan 30 menit berjalan kaki. Sudah biasa jalan di mal kan? Nah, sama kayak gitu. Cuma untuk latihan yang lebih efektif dan membakar lemak (ditandai dengan mengucurnya keringat), jalanlah dua kali lebih cepat.

Kalau biasanya kecepatan jalanmu 50 meter/menit (karena sambil jelalatan tengok etalase mal di kanan-kiri), cobalah berjalan 100 meter/menit. Jadi selama 30 menit, kamu bisa mencapai jarak 3 km. Tidak terlalu susah kan?

Kalau udah terbiasa, tingkatkan intensitas atau durasi latihan supaya bisa membakar lebih banyak kalori. Semakin berkeringat, menandakan semakin banyak lemak yang berhasil dibakar.

Tidak sabar atau tidak hobi berjalan? Alternatifnya, kamu bisa jogging, bersepeda, berenang atau senam aerobik. Tergantung olahraga kardiovaskuler mana yang lebih kamu sukai.


Menghilangkan lemak ketiak dengan olahraga beban


Sembari menjalani olahraga kardiovaskuler, berlatihlah beban juga. Siapkan dumbel dengan berat sesuai kemampuanmu. Target pertama adalah mengencangkan otot-otot punggung. Latihannya bisa dengan Bent-Over Fly (perhatikan gambar) dan Plyometrics (perhatikan video). Kamu juga bisa melengkapinya dengan back up (lawan dari sit-up).


Kemudian, latihlah trisepsmu. Angkat dumbel lurus ke atas dengan sebelah tangan. Lalu, tekuk siku dengan posisi dumbel di belakang kepala. Luruskan lagi ke atas. Tekuk lagi. Lakukan 10 kali repetisi, setelah itu ganti lengan satunya. Latihan tanpa alatnya adalah push up dan pull up (misalnya bergantungan di kusen/angin-angin pintu).

Jangan khawatir lenganmu menjadi kekar. Itu takkan terjadi selama latihanmu dalam batas kewajaran dan kamu tidak mengonsumsi protein atau hormon tambahan. Yang ada, gelambir di lenganmu menjadi kencang, dan lemak ketiakmu semakin menipis. Sama seperti latihan kardiovaskuler, sediakan waktu 30 menit saja setiap kali latihan. Dalam seminggu, kamu cukup berlatih beban tiga kali.

Jadi misalnya nih, latihan kardiovaskuler diprogram setiap hari Minggu, Selasa dan Kamis. Nah, latihan bebannya jadwalkan Senin, Rabu dan Jumat. Sementara Sabtu libur. Karena (mungkin) Sabtu malamnya adalah waktumu memamerkan hasil olahragamu selama ini ~_^

Menghilangkan lemak ketiak: Pola Makan

Setelah olahraga, jangan langsung makan. Apalagi makan banyak. Begitu pun dua jam sebelum tidur, jangan memasukkan makanan apa-apa lagi ke mulut. Sama juga bohong dong olahragamu nanti, hihihi. Dalam keseharian, atur pola makan dan minummu.

“Ah, ribet!” mungkin begitu protesmu.

Kalau mau praktis, dan kamu punya uang, liposuction (sedot lemak) barangkali adalah ide yang baik. Cocok bila kulitmu elastis. Tapi bila tidak, liposuction bisa meninggalkan kulit yang menggantung. Jelek kan? Sedot lemak, selain mahal, juga tidak permanen. Bisa menimbulkan efek yoyo: lemak-lemakmu bakal balik lagi beberapa bulan atau tahun kemudian.

Makanya, olahraga dan mengatur pola makan adalah langkah yang paling efektif dan murah untuk menghilangkan lemak di ketiak. Mungkin butuh waktu, tapi hasilnya lebih permanen.

No comments:

Post a Comment

Universitas Ketiak tidak akan menayangkan komentar-komentar cabul, berbau SARA, berpotensi menyakiti perasaan pihak lain, atau yang tidak ada hubungannya dengan tema artikel/blog ini.